Protect document

Assalamualaikum saudaraku

Di kesempatan kali ini ane akan membahas tentang protect dokumen, atau lebih dikenal dengan password dokumen.
Kalo udah dengar yang namanya password pasti udah tau dong fungsinya untuk apa....
Iya benar sekali.......untuk keamanan si dokumen tersebut, nah ane akan bahas macam-macam protect document yang ada di ms. Office (Word, Excel, PowerPoint)


Microsoft Word
Ada 2 macam jenis protesi di ms. Word
protect restrict editing
Proteksi ini kegunaannya, orang lain hanya bisa melihat tetapi tidak bisa di edit / di rubah
Cara mengaturnya
Pilih menu REVIEW, kemudian pilih “Restrict Editing”



Beri checklist “formatting restrictions” dan “editing restrictions”
Pilih “No changes (read only)”
Klik “yes, start Enforcing Protection”



Masukan password, klik OK
Dan untuk mengakhiri/ untuk mengedit kembali klik stop Protection




Protect Encrypt With Password
Jika restrict editing masih bisa dilihat orang lain namun dengan protect Encrypt With Password ini orang lain tidak bisa melihat data jika tidak mengetahui passwordnya,
Caranya pilih menu file, pilih info, klik protect document, pilih Encrypt With Password



Masukan password



Dan untuk menghapuskan kembali password antum tinggal pilih kembali menu file, pilih info, pilih protect document, pilih encrypt with password dan kosongkan password, klik OK


Microsoft Excel
Berikutnya ane akan membahas macam-macam protect document di ms. Excel,
Ada 3 macam jenis protect untuk di Excel. Protect Current Sheet,Protect Workbook Structure, Protect Encrypt with Password.
ok sekarang ane bahas satu- satu

  • Protect Current Sheet

Dengan protect ini orang lain hanya bisa melihat data, tidak bisa mengubahnya tetapi masih bisa untuk menambahkan sheet baru. Intinya hanya sebagai pengaman untuk data di sheet tersebut
Caranya
Pilih menu “REVIEW” kemudian pilih Protect Sheet, masukan password lalu klik OK,kemudian masukan lagi password yang sama


klik OK,masukan kembali password yang sama



Dan untuk menghapus protect antum bisa pilih menu File, pilih info, klik unprotect dan masukan kembali




  • Protect Workbook structure

Protect ini hanyan untuk mengunci penambahan sheet, caranya hampir seperti protect yang diatas, pilih menu REVIEW lalu pilih protect workbook kemudian masukan password



Dan untuk menghapusnya pun sama seperti yang di atas, dari menu File pilih info pilih unprotect





  • Protect Encrypt with password

Sama seperti halnya di Ms. Word dengan protect ini orang lain tidak akan bisa melihat sebelum mengetahui passwordnya, caranya pun sama antum tinggal pilih menu file kemudian protect document lalu pilih Encrypt with password, antum tinggal masukan passwordnya



Untuk menghapus password, antum tinggal klik kembali  encrypt with password lalu kosongkan password dan klik OK


Nah itu jenis-jenis Protesi di Ms. Excel, sebenarnya masih ada satu password lagi Cuma yang satu ini ane enggak bisa bahas di public, proteksi ini biasanya digunakan para programmer untuk membuat program sederhana di Ms. Excel.


Microsoft PowerPoint
Unutk di Ms. PowerPoint ini hanya ada satu proteksi yaitu protect encrypt with password
Caranya antum tinggal pilih menu File pilih info kemudian pilih encrypt with password



0 komentar: